Wednesday, January 22, 2020

Mancing Brebes Banyak Tempat Spot Yang Menantang


Mancing Brebes Banyak Tempat Spot Yang Menantang - Banyak sungai yang ber muara di kabuatan brebes, sehingga banyak spot atau tempat mancing yang menantang untuk di jajal, ikan barramundi, kakap, bandeng dan masih banyak lagi yang lain. Megunjungi tempat ini banyak teknik mancing yang bisa kita pakai. Paling mudah mendapatkan ikan hampala,gabus, kakap dengan teknik cesting. Kali pemali, waduk penjalin dan waduk malahayu,  terkenal dengan spot nila babon, wader dan tawes.


Mancing Brebes Banyak Tempat Spot Yang Menantang
Mancing sungai


Mancing di sungai muara laut brebes


Muara adalah pertemuan sungai dengan laut, sehingga di ikan di sini sangat beragam, ikan laut dan ikan air tawar yang bisa beradapatasi dengan air payau merupakan target mancing yang menantang.

Spot muara


Mancing Ikan barramundi


Ikan barramundi atau kakap merupakan ikan favorit pemancing, terkenal dengan tarikannya yang kuat khas predator. Ikan ini biasa bersarang di rumpon-rumpon atau di dekat akar-akar pohon bakau atau pohon lainnya. Tepian Sungai-sungai di kabupaten brebes banyak di tumbuhi pohon-pohon, sehingga banyak ikan kakap bersarang di sana.


Mancing Teknik cesting


Bagi yang suka sport fishing, berburu barramundi paling pas memaki teknik cesting, sebab cara memancing ini menuntut angler untuk aktif, memakai umpan buatan merupakan ciri khas teknik ini, minnow, lure dan plug adalah nama untuk umpan buatan. Minnow  di lempar kespot untuk menggoda ikan untuk memakan kail.

Baca: Mancing cesting ikan gabus


Mancing Brebes Banyak Tempat Spot Yang Menantang


Mancing Teknik Dudul


Menggunakan umpan udang, mendudul kalau istilah kami untuk cara mancing model ini, yaitu dengan menceupkan dan mengangkat umpan ke spot ikan, begitu seterusnya dengan di ulang-ulang, kemungkinan ikan target akan mengira umpan adaah mangsa yang sedang melompat-lompat. Cara dudul ini juga di pakai memancing ikan gabus atau tomang di rawa-rawa atau di sawah, dengan umpan anak katak.


Mancing Ikan belanak


Mullet atau belanak hidup di laut, akan tetapi mampu beradaptasi dengan air tawar di sungai, memancing ikan belanak di muara sangatlah gampang, tentunya dengan sedikit trik mancing dan umpan rahasia yang ampuh.


Umpan mancing belanak


Umpan yang paling praktis untuk memancing belanak adalah, lumut dan terigu. Cara membuatnya, masukan garam ke dalam ember yang berisi lumut, aduk-aduk hingga lumut layu, buang sedikit airnya, kemudian masukan terigu, penyedap rasa dan esen melon, aduk-aduk hingga merata dan kental, maka umpan siap dipakai.

Pakailah mata kail rangkaian ombyok, dengan pelampung sebagai penanda umpan di makan, mancing model begini banyak di pakai pemancing pekalongan, akan tetapi bagi anda yang bertempat tinggal di brebes saya kira juga cukup ampuh.

Baca: Mancing ikan belanak dengan botol plastik


Mancing Teknik mbandul


Cara memancing dengan teknik mbandul biasanya di gunakan untuk spot sungai yang lebar, memakai joran panjang sehingga bisa melemparkan umpan sampai ke tengah.

Bahan membuat umpan belanak

  1. 500gr tepung terigu
  2. 5 sendok teh garam halus tanpa yodium
  3. Esen nanas 
  4. Penyedap rasa biasa (bukan rasa ayam atau sapi)
  5. Margarin

Cara membuatnya, masukan seluruh bahan kedalam wadah, aduk-aduk sambil masukan air sedikit-sedikit, setelah menjadi adonan, masukan ke dalam kantong pastik dan kukus selama 45-60 menit, tumbuk-tumbuk adonan selagi panas, setelah dingin umpan siap di pakai.

Mata kail no 4-6 dengan rangkaian ombyok, sedang joran pancing pnjang 3m di lengakapi dengan pemberat, ambil sedikit umpan dan bulatkan, kemudian masukan mata kail tadi, pasang pada senar joran dan lemparkan ke spot ikan belanak.

Baca: Mancing wader pari


Spot sungai kabupaten brebes


1. Kaligangsa Kec. Brebes
2. Pemali Kec. Paguyangan, Bumiayu, Bantarkawung, Larangan, Jatibarang, Songgom, Brebes
3. Balaikambang Kec. Wanasari
4. Luwungmalang Kec. Wanasari
5. Bangsri Kec. Bulakamba
6. Pakijangan Kec. Bulakamba
7. Kluwut Kec. Bulakamba
8. Babakan Kec. Ketanggungan, Tanjung
9. Buntiris Kec. Ketanggungan, Tanjung
10. Kabuyutan Kec. Tanjung, Kersana, Banjarharjo
11. Sinung Kec. Tanjung
12. Tanjung Kulon Kec. Tanjung
13. Bacang Kec. Losari
14. Cisanggarung Kec. Losari
15. Cikeruh Kec. Bumiayu, Sirampog
16. Erang Kec. Bumiayu, Paguyangan
17. Pedes Kec. Tonjong, Sirampog
18. Glagah Kec. Tonjong, Sirampog
19. Cigunung Kec. Salem, Bantarkawung
20. Cilakar Kec. Bantarkawung
21. Ciraja Kec. Bantarkawung
22. Rambatan Kec. Larangan, Ketanggungan

Semoga artikel dengan judul, Mancing Brebes Banyak Tempat Spot Yang Menantang, bermanfaat.


Baca: Mancing ikan betutu atau bloso











No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.