Wednesday, December 4, 2019

Mancing Lele Lembat (Lele Akar) Hidup di Rawa Dan Sungai


Warung pecel lele sangat familier masyarakat terutama di pulau jawa, menandakan ikan ini banyak pengemarnya. Maka banyak pemancing juga menjadikan ikan ini target memancing. Di beberapa tempat lele lembat juga di namakan lele lokal atau lele akar, adalah jenis ikan liar yang hidup di sungai air tenang, rawa, persawahan, bahkan akar hutan yang sering tergenang air.


Mancing Lele Lembat (Lele Akar) Hidup di Rawa Dan Sungai
Lele Lembat/Lele Akar




Cara mancing lele lembat dengan umpan yang ampuh dan jitu



  • Lele liar


Lele lembat yang hidup bebas mempunyai menu makan, hewan-hewan kecil dan bangkai, memancing ikan ini sangat mudah dengan umpan:

  1.  Cacing
  2. Laron
  3. Ulat daun pisang
  4. Ikan Kecil
  5. Belalang
  6. cebong
  7. Jangkrik ( pencet perutnya agar aromanya keluar )
  8. Udang ( buang kepala dan ekornya )
  9. Belut ( bisa dibakar atau di goreng  )
  10. Daging Keong, Bekicot
  11.  Dll


  • Lele kolam (piaraan)


Berbeda dengan lele yang hidup di kolam piaraan, yang setiapmhari di beri menu makan yaitu pellet, sehingga memancing lele kolam paling ampuh dan jitu dengan umpan buatan, contoh resep umpan racikan yang terbukti ampuh:

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet ikan PF 1000
  4. Bawah putih
  5. Air hangat

Campurkan semua bahan aduk hingga kental dalam wadah , bentuk bulatan kecil-kecil sesuai ukuran mata kail dan besar kecil target ikan.

Baca: 7jenis cacing umpan mancing

          Ulat umpan mancing 
       



Cara mancing dapat banyak 


  • lele lembat atau lele akar hidup di rawa-rawa

Memancing di perairan dangkal seperti rawa-rawa dan persawahan paling efektif dengan teknik mancing ntrajak atau panjeran, di beberapa daerah memancing teknik ini juga di sebut najur. Caranya dengan meninggalkan joran pancing di spot potensial, tentunya tidak hanya memakai satu joran pancing.


Mancing Lele Lembat (Lele Akar) Hidup di Rawa Dan Sungai
Pancing Ntrajak/Najur


  • Lele liar hidup di sungai

Berbeda dengan ikan lele lembat atau lele akar yang hidup di sungai, tebing sungai berbatu atau tanah yang berlubang-lubang merupakan rumah lele liar, sebis hujan atau sore hari merupakan waktu yang cocok, kenapa demikian? Sebab di waktu-waktu tersebut mereka keluar sarang dan saatnya mencari makan.

Kita bisa memakai teknik dasaran, dengan memaki joran 1,5-3m di lengkapi dengan penggulung senar atau spinning, ukuran senar 0,20-0,24 dan menggunakan mata kail no 6,0-9,0 dilengkapi dengan timbal pemberat.

Memakia teknik kambangan juga bisa, memakai joran 3m ukuran senar 0,15-0,18, mata kail 6,0-9,0 dilengkapai kambngan atau pelampung dan timah pemberat kecil, saran saya cari spot di sudut-sudut sungai, sebab di situ ikan menunggu mangsa. semoga artikel dengan judul, Mancing Lele Lembat (Lele Akar) Hidup di Rawa Dan Sungai, bermanfaat.

Nb
Baca: Rahasia umpan lele kolam

          Mancing sili atau berod








2 comments:

  1. Kalau lembat menggunakan cacing terampuh mnurut saya...

    ReplyDelete
  2. Titanium Muffler / Roar - TITanium-Arts
    The titanium 170 welder only authentic cooking titanium cartilage earrings recipe I have ever trekz titanium pairing found. The t fal titanium original recipe of roasted habanero peppers using only titanium earrings studs the finest

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.