Tuesday, January 21, 2020

Mancing Di Muara Dan Umpan nya, Buka Rahasia


Mancing Di Muara Dan Umpan nya, Buka Rahasia - Memancing di muara sungai sangat berbeda dengan mancing di sungai, kolam dan danau. Cara memancing sangat di pengaruhi dengan air pasang dan surut. Selain itu kita juga harus tahu karekter ikan yang sangat banyak ragamnya. Hampir semua teknik memancing bisa di praktekan, kita bisa memakai teknik cesting, kambangan dan teknik dasaran.


Mancing Di Muara Dan Umpan nya, Buka Rahasia
Muara sungai

Umpan mancing ikan penghuni muara


1. Ikan kakap


Ikan kakap atau mangrove jack adalah ikan predator favorit pemancing muara, kami biasnya menyebut mangar, dia bersarang di dekat akar-akar tumbuhan bakau, batang pohon yang terendam atau di balik batu karang.

Lure atau minnow adalah sebutan untuk mancing cesting, kita bisa menggunakan teknik ini untuk mendapatkan sambaran yang mengsankan, caranya lempar lure di spot yang di perkirakan ada ikannya, meretrive dengan menggulung cepat hal pertama bisa di lakukan pemancing untuk menggoda ikan, kemudian retrieve stop and go, yaitu menggulung dengan cepat dan berhenti lalu gulung lagi dengan cepat. Dengan cara ini bisanya ikan kakap akan tergoda menyambar minnow.

Udang hidup juga bisa di jadikan umpan jitu untuk mancing kakap, kita bisa menggunkan teknik kambangan dan teknik dasaran, tancapkan satu atau dua mata kail no 5,0-12,0 di punggung dan ekor udang, senar pe no 0,18 digunakan sebagai leder, senar utama memakai no 0,20 untuk teknik kambangan dan 0,25 untuk teknik dasaran.

Baca: Mancing ikan besar di sungai


2. Ikan belanak


Orang bule bisa menyebut mullet, di bulan mei-agustus merupakan musim mancing belanak khususnya daerah selatan jawa, teknik dasaran bisa di pakai dalam memancing ikan ini.
Memakai mata kail no 3,0-5,0 dengan rangkaian ombyok, timbal pemberat di pasang ke senar no 0,18-0,20. Dengan joran panjang 3meter berujung lentur. Umpn yang di pakai adalah umpan racikan khusus umpan belanak.

Baca: Umpan Mancing Belanak, Resep Jitu Pemancing Ampuh


3. Kething luthok


Hati-hati terhadap sengat beracun pada sirip samping ikan luthok adalah pesan kami, bawalah tang penjepit untuk memotong sirip beracunnya, baru kemudian  masukan tempat ikan setelah dapat ikan ini ketika memancing. Walaupun beracun jangan tanya rasa daging keting lutok setelah di goreng garing. Sehingga banyak angler yang menargetkan ikan ini.

Cacing sangat cocok sebagai umpan memancing ikan ini, kita bisa memakai  teknik kambangan atau dasaran. Caranya sangat mudah, memakai mata kail no 5,0-9,0 rangkain tunggal, memakai senar no 0,18 untuk teknik kambangan dan senar no 0,20 untuk teknik dasaran.

Baca: Mancing teknik dasaran

          Mancing teknik kambangan



Mancing Di Muara Dan Umpan nya, Buka Rahasia
Ikan keting


4. Beby Gt (pethek)


Ikan giant trevly atau Gt merupakan ikan air asin yang bisa tumbuh sampai 50 kg, akan tetapi si beby atau bayinya suka berada di muara sungai, walau bayi akan tetapi lumayan besar utuk ukuran pemancing sungai.

Memakai umpan lumut halus, cacing dan udang kecil biasa kami lakukan untuk mengejar bayi besar ini, memakai teknik kambangan tarikannya membuat dag dig dug jantung, patah hati rasanya kalau sudah streek tapi senar putus hingga lepas si baby ini.


5. Ikan kerapu


Memancing ikan kerapu hampir sama dengan memancing ikan mangar atau kakap, sedikit berbeda karena kerapu jarang bergerak alias suka diem di sarangnya, akan tetapi dia hampir selalu memakan umpan yang lewat dekat mulutnya, sehingga cara memancing ini akan banyak berhasil dengan mengetahui di mana sarang rumahnya, di celah-celah batu atau di tempat tesembunyi seperti bawah pohon adalah sarangnya.


6. Ikan kiper (baronang)


Mempunyai bentuk tubuh yang cantik, sehingga ikan kiper atau baronang bisa kita jumpai di aquarium, akan tetapi bagi yang tau gurih dan lezatnya ikan ini, lebih suka menempatkannya di piring menu makan siang dari pada di aquarium. Cara memancing ikan ini cukup mudah.

 Baca: Asyiknya Mancing Kiper (Baronang) Cara Cepat Dapat Banyak


Muara adalah muara


Walau memancing di muara sangat menyenangkan, akan tetapi muara adalah muara dia tempat bertemunya air sungai dan air asin di laut. Saran saya tetap jaga keamanan, bahkan kita bisa menyadari hulu sungai terjadi hujan lebat, sehingga tanpa ada tanda banjir di muara bisa saja terjadi tanpa kita ketahui. Atau bahaya datang dari arah laut dengan gelombang rob besar, di muara sendiri banyak binatang berbahaya seperti, ikan batu beracun yang bisa saja terinjak dan lain-lain.
Semoga artikel dengan judul, Mancing Di Muara Dan Umpan nya, Buka Rahasia, bermanfaat.


Baca: Hal yang harus di ketahui pemancing pemula
















No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.