Saturday, November 30, 2019

Mancing Betutu Atau Bloso, Trik Cara Dan Umpan Jitu


Ada yang menamakan dengan ikan gabus malas, karena memang sifatnya yang santai. Ikan betutu atau bloso suka di perairan yang tenang, memancing ikan ini sangatlah mudah, asal tahu trik cara dan umpannya. Cara mencari makan ikan ini sangatlah unik, hanya berdiam tanpa bergerak menunggu mangsanya yang lewat, akan berenang dengan cepat juga bisa, yaitu ketika menghindari pemangsa.

Ikan betutu memiliki sebutan yang begaram di berbagai daerah. Ada yang menyebutnya bakut, bakutut, belosoh, boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu, dan sebagainya.


Mancing Betutu Atau Bloso, Trik Cara Dan Umpan Jitu
Ikan Betutu/Bloso




Makanan dan habitat ikan betutu atau bloso


Sedikit mirip dengan ikan kerapu, ikan malas ini menungu makannya yaitu udang kecil, ikan kecil, atau hewan kecil lainya. Habitat ikan ini dia suka di dasar sungai, danau dan rawa-rawa yang berlumpur atau berpasir,  dengan air yang relative tenang tidak ber arus.



Memancing kambangan 


Setelah menemukan spot memancing yang bagus, mancing  dengan teknik kambangan, sangat mengasyikan karena kita bisa melihat pelampung yang naik turun ketika umpan di makan. Joran dengan panjang 3m atau menyesuaikan, di lengkapi dengan penggulung senar atau spinning, dengan mata kail besar no 6,0- 9,0. karena ikan betutu atau bloso mempunyai mulut yang lebar, dengan rangkaian mata kail tunggal di lengkapi dengan swifel atau kili-kili dan pemberat, ikatkan ke senar utama no 0,13-0,17 dilengkapi dengan pelampung.
Baca: Mancing teknik kambangan atau pelampung


Mancing Betutu Atau Bloso, Trik Cara Dan Umpan Jitu
Mancing Betutu/Bloso




Memancing Dasaran


Selain teknik kambangan kita juga bisa memakai teknik dasaran, pakai joran dengan ujung lentur dan sensitive terhadap gerakan, sebab ikan betutu atau bloso ketika memakan umpan sangat pelan, walaupun akan memberi perlawanan kuat ketika di angkat.
Peralatan pancing mengguakan joran lentur, dilengkapi dengan penggulung senar atau spinning, memakai rangkain mata kail tunggal no 6,0-9,0 di lengkapi swifel atau kili-kili dan pemberat sebesar kelingking dewasa.
Baca: Mancing teknik dasaran



Umpan ampuh dan jitu dan cara memancing


Ikan betutu atau bloso merupakan ikan predator, sehingga memancing dengan umpan cacing, cere, ulat dan udang sangat cocok dan ampuh. Lemparkan umpan ke titik spot, ikan yang makan umpan akan menariknya pelan, sehingga kadang sulit terdeteksi, maka saran saya selalu konsentrasi dalam memancing ikan ini, tapi kabar baiknya, umpan yang sudah di makan jarang sekali lepas.
Semoga artikel dengan judul, Mancing Betutu Atau Bloso, Trik Cara Dan Umpan Jitu
, bermanfaat.

Nb
Baca: 7 jenis cacing umpan mancing






No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.