Saturday, November 23, 2019

Mancing ikan Sogo Atau Baung



Sekilas ikan sogo atau baung mirip ikan lele dan keting, akan tetapi ketika di amati nampak jelas berbedaanya baik bentuk maupun sifat-sifat ikan ini, untuk pemancing jogja dan jawa tengah, mereka biasa mendapatkan di sungai-sungai besar, si doi suka membuat rumah di tempat yang dalam dan berbatu-batu besar.


Mancing ikan Sogo Atau Baung
Ikan sogo/Baung




Selain enak di konsumsi, si doi juga asyik di pancing, tarikannya yang kuat dan sanggup menahan sakit walau mulutnya di tarik kail, “koyo nggeret kebo mogok” rasanya ketika kail yang sudah di makan, nggak cepat di angkat, keburu si doi ngejedok di dasar sungai.




Umpan yang ampuh, jitu dan cocok untuk ikan sogo



Sama dengan ikan lele dia termasuk karnivora, atau pemakan daging. Dan lebih aktif di malam hari, walaupun kalau saya sering mendapatkannya di siang hari, tepatnya pagi hari atau sore hari. Ikan sogo bisa hidup di air bening dan di air keruh.






Cara dan teknik Mancing sogo di air bening


Kalau kita mengamati sungai, di musim kemarau yang airnya bening , maka nampak gerakan-gerakan ikan, untuk ikan sogo dia akan sesekali ke permukaan seperti ikan sapu-sapu, tetapi kalau ikan sapu-sapu nampak ekornya hitam, sedang ikan sogo berwarna merah, kalau nampak tanda-tanda demikian berarti di situ rumah target kita. Memakai umpan hidup akan lebih cepat mendapat sambaran, kita bisa memakai teknik kambangan atau memakai cara mancing dasaran.

Baca: teknik mancing kambangan
           Teknik mancing dasaran




Mancing Air Keruh



Memancing di air yang keruh


Selepas hujan adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan ikan sogo, tempat yang dalam dan airnya yang ber gelegak, di situ biasnya si doi menunggu mangsa dengan mengandalkan indara penciumannya, maka sangat di sarankan utuk memancing di air keruh memakai umpan mati berbau tajam.


Jenis-jenis umpan sogo atau baung



  • Umpan hidup, yaitu ikan kecil sejenis boso atau uceng.

Mancing ikan Sogo Atau Baung
Ikan sogo/Uceng




  • Kepiting gemburi, atau kepiting sedang ganti kulit.

Mancing ikan Sogo Atau Baung
Kepiting Gemburi





  • Cacing untel.

Mancing ikan Sogo Atau Baung
Cacing untel


  • Usus busuk

Mancing ikan Sogo Atau Baung
Usus busuk


  • Ati ayam

Mancing ikan Sogo Atau Baung
Ati ayam






Joran dan mata kail


Memakai senar ukuran 0,20 – 0,25 dan mata kail no 7-12. untuk cara memancing kambangan, senar no 0,15-0,18. joran pancing sebaiknya memakai spinning, supaya mudah menarik ketika umpan di makan, semoga artikel dengan judul, Mancing ikan Sogo Atau Baung, bermanfaat.

Nb
Baca: Umpan mancing di sungai ampuh


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.