Tuesday, January 7, 2020

Umpan Ubi Cara Mancing Yang Ampuh, Coba Deh


Bagi anda yang hobi macing, sudah pernahkah memakai umpan ubi untuk target ikan di kolam atau di sungai? Oke lah kalau begitu, di percaya sangat ampuh untuk jenis-jenis  bukan predator, seprti ikan mas, tawes, wader, nila, beles, nilem, bader dan masih banyak lagi.
Banyak jenis umpan mancing yang di jual di toko, untuk cara mancing praktis tentu sangat membantu, dan tentunya akan terasa mahal kalau pingin mancing harian. Ubi jalar dapat di beli di pasar, dengan sedikit tambahan bahan-bahan dan di olah dengan benar menjadi umpan racikan yang ampuh lagi murah.


Umpan Ubi Cara Mancing Yang Ampuh, Coba Deh
ubi jalar


Resep dan cara membuat umpan ubi


banyak sekali resep umpan racikan, akan tetapi hanya cocok untuk satu jenis ikan. Saya melihat ada pertanyaan bisakah satu resep untuk banyak jenis ikan? Berikut ini mudah-mudahan menjawab pertanyaan tersebut, dan sangat cocok untuk ikan mas, tawes, wader, nila, beles, bader, nilem dan lain-lain.

Bahan-bahan membuat umpan:


  1. ubi jalar yang sudah dikukus.
  2. mie instan (blender halus).
  3. kornet daging sapi, secukupnya.
  4.  3sendok santan atau sesuai selera.
  5. satu butir kuning telor asin.
  6. empat butir kuning telor puyuh.
  7. dua sendok makan ikan kaleng.
  8.  kroto


Cara meracik, lembutkan ubi jalar yang telah di kukus, selain kroto masukan semua bahan ke dalam wadah, dan aduk sampai benar-benar tercampur, kemudian kukus selama 30 menit, masukan kroto dan beberapa tetes minyak bulus setelah umpan dingin, uleni adonan hingga punel, dan umpan siap di pakai.

baca: 7 jenis umpan cacing


Umpan Ubi Cara Mancing Yang Ampuh, Coba Deh
ubi kukus


Cara mancing dan peralatannya


Pertama Siapkan Piranti Memancing yang lengkap seperti Reel, Joran, Senar, Kail, Pelampung serta

1. Reel, Spinning bisa juga pakai penggulung senar biasa

Penggunakan reel untuk mancing dikolam dan di sungai sedikit berbeda, perbedan hanya terletak pada kenyamanan dan kekuatan reel, yang ringan sangat nyaman untuk mancing di kolam yang tidak membutuhkan lemparan jauh, tapi sebaliknya pakailah senar yang panjang dengan reel yang cukup untuk menampung senar, apa bila pingin mancing di sungai.

2. Joran

Joran merupakan piranti yang tidak kalah penting. Fungsi joran ialah mempermudah melempar umpan dan saat strike. menyarankan gunakanlah joran ukuran 150 – 180 cm, penngunaan di kolam pemancingan.

3. Senar / Kenur

Pilihlah senar dengan diameter kecil namun punya kekuatan besar. Pakai senar tipis yaitu senar tidak akan mengambang dipermukaan air. Sebaiknya gunakan senar ukuran 0.20 mm saja. Untuk panjang bisa kalian sesuaikan sendiri.

4. Pelampung

Biarpun sepele namun pelampung punya peranan yang sangat penting. Pelampung merupakan indikator saat umpan kalian disambar. gunakan pelampung yang sensitif. Pelampung seperti itu mempunyai bentuk kecil dan memanjang.

5. Kail

Piranti inilah yang langsung bersentuhan dengan ikan. Pilihlah kail dengan ketajaman tinggi dari bahan stainless steel dan karbon. Untuk ukuran mata kail sesuaikan dengan besar kecilnya ikan target, no 4-8 merupakan ukuran yang sering dapakai pemancing seniaor.


Utuk mendapatkan hasil mancing yang maksimal, pengalaman adalah yang utama, dengan memahami karekter ikan, jenis umpan, cara makannya dan lain-lain, semoga artikel dengan judul, Umpan Ubi Cara Mancing Yang Ampuh, Coba Deh. Bermanfaat.


baca: Mancing cesting ikan gabus
















No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.