Thursday, January 16, 2020

Menjajal Spot Tempat Mancing Di Purbalingga


Menjajal Spot Tempat Mancing Di Purbalingga - Sungai klawing, Serayu, Tambra, Gintung merupakan tempat memancing di purbalingga. Sebagian besar wilayah di kabupaten perbukitan dengan di tumbuhi pepohonan yang lebat, sehingga sungainya masih bersih dan menjadi rumah dari banyak ikan. Sungai serayu yang bermuara di kabupaten cilacap merupakan sungai besar, dan spot mancing sidat yang bagus.


Menjajal Spot Tempat Mancing Di Purbalingga
Mancing sungai



Mancing di sungai  klawing, Serayu, Tambra, Gintung


Lain lain ikannya begitulah kata pepatah, siapa yang tak kenal spot karang moncol? Di sini tempat menjajal para pemancing hampala dari jogja, cilacap, purwokerto, magelang dan lain-lain.
Ikan hampla merupakan ikan predator, dia memangsa ikan-ikan sebagai mangsanya. Seperti singa memangsa kijang atau gisel, maka di mana ada singa di situ ada kawanan kijang. Maka bisa di samakan, dimana ada ikan hampala pasti di situ terdapat banyak ikan.

Baca: Mancing ikan besar di sungai


1. Mancing ikan hampala/palung


Siberau orang-orang Sumatra dan Malaysia menamakan ikan ini. paling asyik memancing ikan palung memakai teknik cesting, minnow, plug atau lure adalah sebutan untuk umpan tiruan, dan memakai umpan tiruan adalah ciri teknik cesting. Bahan minnow bisa terbuat dari kayu, plastik atau logam dengan di bentuk sedemikian rupa untuk menggoda ikan predator, dengan cara melemparkanya ke spot hampala dan menariknya sehingga seperti ikan sungguhan.


2. Mancing bader tawes atau beles


Sungai yang jernih dan bersih dengan kandungan oksigen yang baik,  adalah tempat bersarang dan berkembang biak ikan bader, tawes atau beles,  purbalingga memiliki sungai dengan ciri-ciri tersebut. Umpan mancing ikan ini mudah saja, kita bisa mamemakai cacing, ulat, lumut atau umpan racikan.


Menjajal Spot Tempat Mancing Di Purbalingga


Cara bikin umpan racikan yang ampuh mancing ikan bader, tawes atau beles:

  1. Terigu 250gram.
  2. 1butir kuning telor.
  3. Penyedap rasa.
  4.  Terasi.
  5. Minyak ikan.
  6. Setengah sendok garam halus


Cara membuatnya: campurkan semua bahan kedalam wadah, dengan di tambah air sedikit demi sedikit, uleni hingga membentuk adonan yang kalis, umpan siap di gunakan.

Baca: Ikan Wader beles atau Bader


3. Mancing ikan derbang


Sungai klawing, Serayu, Tambra, Gintung di kabupaten purbalingga, memancing ikan derbang hampir sama dengan memancing ikan bader atau beles, dan memang kedua jenis ikan ini kalau istilah kami termasuk dalam kelompok ikan putihan. Ikan derbang terlihat lebih kecil dari ikan tawes, akan tetapi cara makan yang bergrombol dan berebut,  sehingga memancing ikan ini nggak perlu waktu lama untuk memenuhi kepis (wadah ikan)

Menggunakan racikan umpan mancing wader, dan kita memerlukan umpan pengumpul atau bom umpan, campuran dedak beras pecah dan pellet di campur sedikit air, melemparkan umpan ke spot mancing, dengan tujuan menarik ikan derbang berkumpul di spot mancing.

Baca: Trik Dan Jurus Mancing Derbang, Wader Abang


4. Mancing ikan sogo, baung atau baceman


Waktu yang terbaik mancing ikan sogo, baung atau baceman adalah pagi hari, sore dan malam hari. Ikan yang masih sedulure iwak lele paling gampang di pancing dengan umpan usus bosok, atau umpan kucur. Sehabis hujan biasanya air sungai sedikit meluap, ikan baung atau sogo keluar dari sarang untuk mencari makan, saran saya gunakan saat itu untuk memancing. Dengan umpan potongan hati ayam,  kami biasa memancing ikan ini di lubuk atau kedung sungai di musim kemarau dengan air sedikit bening.

Baca: Kucur Umpan Mancing Terampuh, Ini Resep Dan Cara Buatnya


Jadwalkan waktu


Spot mancing di kabupaten purbalingga sangat banyak, sehingga perlu meluangkan waktu yang cukup, tentunya sambil menunjungi obyek wisatanya. Akan tetapi boleh di coba mancing bersama keluarga sebagai mengisi liburan. Semoga artikel dengan judul, Menjajal Spot Tempat Mancing Di Purbalingga, bermanfaat.


Baca: Mancing ikan uceng












No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.