Friday, January 10, 2020

Mancing Umpan Ndas Kepala Lele, Babon-Babon Brow


Tahukah sahabat-sahabat kalau ndas kepala lele bisa jadi umpan mancing yang ampuh? Pecel lele banyak di minati masyarakat sebagai menu makan malam, ini terbukti dengan larisnya warung pecel lele yang buka sore hari di pinggir jalan. Siapa sih yang nggak suka lele goreng? “Saya gak suka!, tapi ndasnya atau kepalanya, kalau dagingnya sih doyan”. Dan ternyata ikan tawes, bader, nilem, dan ikan beles, paling gampang di pancing dengan umpan ini.


Mancing Umpan Ndas Kepala Lele, Babon-Babon Brow
Umpan kepala lele


Cara memasang kail pancing pada ndas kepala lele


Umpan ndas kepala lele hanya bisa dipakai mancing dengan teknik dasaran, yaitu memancing dengan menggelamkan umpan sampai dasar sungai. Cara memancing dengan umpan ini sangalah mudah, okelah mari ikuti langkah-langkah berikut ini:


Alat-alat mancing


Menggunakan joran biasa panjang 1,5-3,0 meter, dengan di lengkapi penggulung senar atau spinning, senar dengan ukuran 0,19-0,22 dan di kasih timah pemberat. 4-7 buah mata kail dengan ukuran 2,0-4,0 dengan rangkaian ombyok.

Cara memasang: kaitkan mata kail di bagian kepala lele yang berdaging tipis, ikan beles, wader, tawes, bader dan nilem menyukai sekitar insang dan bawah mulut ndas kepala lele. Kita bisa memasang mata kail di bagian tersebut, satu mata kail di siapkan untuk mengait umpan supaya setabil, tidak jatuh atau bergeser.


Mancing Umpan Ndas Kepala Lele, Babon-Babon Brow
rangkaian mata kail


Mancing ikan beles,tawes,bader


Memilih spot atau tempat yang bagus memancing adalah salah satu sebab mancing kita sukses, pilihlah tempat dengan kedalaman 0,5-3meter, dengan arus yang lembat di sisi arus yang kuat, itulah tempat yang cocok,  untuk  umpan ndas kepala lele dengan menargetkan ikan babon-babon.

Ikan beles, tawes dan bader ikan yang suka bergerombol dengan kelompok kecil terdiri dari 4-9 ekor. Akan tetapi dia akan agresif berebut umpan dan bersaing antar kelompok. Ikan ini juga sedikit pemalu, dan gampang stress, ( pernah memelihara di akuarium)

Baca: Mancing Wader beles dan tawes


Mancing bawal


Terus terang kita  menargetkan mancing bawal dengan umpan ndas kepala lele belum pernah. Akan tetapi pernah dapat ikan bawal dengan umpan tersebut, sehingga kesimpulan kita ikan bawal juga suka makan ndas kepala lele.

Ada sedikit masalah yang perlu di perhatikan ketika mencing bawal, konon ceritanya dia masih satu keluarga dengan ikan piranha, jadi ikan bawal bukanlah penduduk asli sungai Indonesia, akan tetapi merupakan pendatang yang sudah di akui sebagi penduduk asli, menu bawal asam manis di rumah makan adalah buktinya kalau dia sudah di akui sebagai warga sini. (waduh kok jadi ngebodor kaya gini yak?)

Oke kita kembali ke leptop, seperti saudaranya yang masih tinggal di sungai amazon amerika selatan (masih amerika Cuma keselatan sedikit) ikan bawal mempunyai gigi tajam yang sanggup memutuskan senar pancing. Maka saran saya pakailah neklin atau senar jenis pe dengan ukuran minimal no 0,18 sebagai leader.
Semoga artikel dengan judul, Mancing Umpan Ndas Kepala Lele, Babon-Babon Brow, bermanfaat.


Baca: Umpan sulur ampuh









No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.