Saturday, January 18, 2020

Mancing Lobster Air Tawar, Anda Juga Bisa


Mancing Lobster Air Tawar, Anda Juga Bisa - Memang bentuknya seperti udang, maka mancing lobster air tawar juga mirip-mirip mancing udang galah,  hidup di air tawar dan tersebar di perairan seperti danau, rawa-rawa yang besar dan sungai yang berhubungan langsung dengan laut.

Mereka banyak ditemukan di perairan sungai yang memiliki tepian dangkal, dan bagian dasarnya terdiri atas lumpur, batuan, dan pasir.


Mancing Lobster Air Tawar, Anda Juga Bisa
Lobster air tawar


Baca: Umpan roti praktis

Cara mancing dan umpan yang di pakai


Udang galah maupun lobster air tawar bisa di pancing. Cacing, daging kepiting, potongan ikan merupakan umpan alami yang ampuh, sedang kalau suka umpan buatan kita bisa memakai ebi kering, atau pellet udang.


Penentuan Lokasi mancing


Lobster air tawar menyukai ceruk-ceruk sungai yang tenang, jarang sekali berada di tempat berarus kencang,  dengan kedalaman 0,5-2,0 meter di dekat akar-akar pohon, atau tebing-tebing sungai yang berlobang-lobang dan hidup bergerombol, maka saran saya kalau sudah menemukan spot mancing, sebaiknya jangan berpindah-pindah.


Kondisi Air


Perubahan warna air dan ketinggian muka air yang mendadak, sangat mempengaruhi selera makan udang lobster air tawar, sehari semalam sesudah hujan lebat dengan kondisi air normal, merupakan saatnya memancing, dan air surut adalah waktu terbaik mancing di muara.


Mancing Lobster Air Tawar, Anda Juga Bisa


Alat pancing


Menggunakan joran kelas ringan lentur panjang 1,5-2m, sudah cukup di jadikan senjata ampuh untuk mendapatkan lobster, tentunya di lengkapi dengan pengulung senar atau spinning.
Memakai mono filament no 0,15-0,20 merupakan senar yang cocok, timah pemberat ringan sekitar 30gr, yang intinya tidak terbawa arus sungai, tapi bergerak atau tidak begitu berat kalau umpan di makan.  Mata kail memakai no 4-6 rangakaian tunggal.

Baca: Jenis-jenis cacing umpan mancing


Ayo streek


Lemparkan kail ke spot yang telah di tentukan, biarkan senar sedikit menegang, jangan biarkan kendor. Letakan joran 45derajat kearah sungai, tancapkan kuat-kuat di di tebingnya.

Umpan yang di makan akan menarik senar dan membuat ujung joran yang lentur membungkuk, biarkan tetap pada posisi tersebut, saran saya jangan sekali-kali menghentakan joran, kerana mulut lobster yang rapuh bis sobek karenanya, gulung pelan-pelan senar dengan joran menghadap keatas, paksa lobster mendongak sehingga kehilangan tenaga untuk melawan.
Nah semoga artikel dengan judul, Mancing Lobster Air Tawar, Anda Juga Bisa, bermanfaat.


Baca: Mancing udang galah musim hujan

















No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.