Sunday, January 19, 2020

Mancing Ikan Dengan Umpan Buah-Buahan


Mancing Ikan Dengan Umpan Buah-Buahan - Sebenarnya buah merupakan makanan alami ikan hidup liar di sungai, sehingga buah juga bisa di pakai sebagai umpan mancing. Banyak tumbuhan yang hidup di tepian sungai atau danau, yang menjadikan air sebagai media penyebaran bijinya untuk berkembang biak. Akan tetapi buah apa sajakah yang di sukai ikan? Dan jenis ikan apa yang suka makan buah?


Mancing Ikan Dengan Umpan Buah-Buahan
Buah Talok / Karsen


Macing ikan tawes,bader dengan buah talok / karsen


Buah talok yang telah masak bisa di jadikan umpan ikan tawes, bader. Bentuknya yang hanya sebesar ujung jari kelingking dengan aroma yang wangi, cara memancingnya mudah saja.
Menggunakan satu atau dua buah mata kail no 3.0-5,0. tancapkan secara berlawanan dengan hati-hati pada buah karsen tersebut. Supaya tidak gampang pecah sebiaknya buah karsen di jemur dulu biar agak layu. Lemparkan umpan ke spot mancing dengan memakai timbal pemberat.

Baca: Sayuran umpan mancing 


Mancing bawal umpan buah


Ikan bawal juga bisa di pancing dengan buah talok. Caranya memasang umpan hampir mirip dengan memancing ikan tawes, akan tetapi ada hal penting yang perlu di perhatikan, apakah itu? Yaitu pada pemasangan leader, ikan bawal terkenal mempunyai gigi tajam yang sanggup memutuskan senar pancing. Maka sangat di anjurkan penggunaan neklin atau senar pe no 0,18 pada bagian leader.


Buah melinjo umpan mancing


Buah melinjo adalah bahan baku emping melinjo, biji melinjo yang sudah masak di bakar dan di pipihkan setelah kering dengan di jemur bisa di goreng, maka jadilah emping melinjo.

Akan tetapi kulit dari buah melinjo bisa di jadikan umpan mancing, cara mancing dengan kulit melinjo sangat gampang, potong kecil-kecil kulit melinjo yang berwarna merah, tancapkan mata kail no 3,0-7,0 untuk memancing ikan bawal, tawes, bader dan ikan mahseer.

Dengan di bakar sebentar (jangan sampai gosong) kulit melinjo bakar di percaya sebagi umpan ampuh dan jitu untuk ikan-ikan yang hidup di air deras yang bening.


Mancing Ikan Dengan Umpan Buah-Buahan
Melinjo


Memancing udang dengan buah kelapa bakar


Sungai berbatu yang airnya bening, adalah tempat tinggal yang nyaman udang sungai, walau tubuhnya kecil, dagingnya enak dan gurih. Cara memancing udang sangat sederhana, bakar kelapa yang sudah tua kemudian kunyah-kunyah sesudah dingin, taburkan kunyahan kelapa bakar tadi di spot udang sungai, udang sungai yang bersembunyi di celah bebatauan akan keluar santai untuk memakan kelapa tadi.

Buatlah simpul jerat dengan senar no 0,10 yang di ikatkan pada ujung lidi, jerat ujung lancip kepala udang dengan hati-hati. Udang yang sedang asyik makan kelapa bakar sering tidak menyadari kalau akan di  jerat.

Baca: Mancing umpan kangkung




Esen aroma buah-buahan paling di sukai ikan



Selain memancing dengan buah asli, kita juga bisa menjadikan buah-buahan sebagai esen umpan racikan.

Buah yang sangat bagus di jadikan esen umpan mancing:

  1. Melon
  2. Nanas
  3. Mangga
  4. Talok atau karsen
  5. Jambu batu
  6. Menkudu (ikan tawes)
  7. Dll

Cara membuat esen buah-buahan: blender buah yang akan di jadikan esen dengan sedikit air, setelah menjadi bubur, peras dan ambil airnya, dan siap di jadikan esen.

Cara membuat umpan racikan dengan esen buah

  1. Tepung terigu
  2. Kuning telor
  3. Margarin
  4. Penyedap rasa (bukan rasa ayam atau rasa sapi)
  5. Garam halus
  6. Air esen buah

Tepung terigu bisa diganti roti keju di haluskan, masukan garam,penyedap rasa kedalam wadah berisi air esen buah, masukan kuning telor dan margarin kemuadian di aduk, setelah semuanya tercampur sempurna, masukan tepung terigu atau roti keju dan uleni hingga membentuk adonan kenyal, diam kan beberapa saat, apa bila di rasa terlalu lembek bisa di tambahkan tepung terigu.
Semoga artikel dengan judul, Mancing Ikan Dengan Umpan Buah-Buahan, bermanfaat.


Baca: Mancing umpan rumput














No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.