Sunday, January 12, 2020

Asyiknya Wisata Mancing Pasiran Pantai Selatan Jogja


Pemancing pasiran adalah istilah memancing di pantai berpasir, gumuk pasir membentang dari jogja, purworejo hingga kebumen,  terkenal dengan ikan bonjor/bojor, getepan karena di tempat inilah sarang dari jenis ikan tersebut.

Pemancing pasiran bisanya memakai joran panjang 420cm, yang bisa membantu melemparkan umpan jauh hingga 390-450m. Ada dua macam Joran/rod, model sambung tiga dan model teleskopik. Yang dari keduanya ada kelemahan dan ada kelebihannya. Joran teleskopik lebih parkatis di bawa-bawa akan tetapi tidak sekuat joran sambung.


Asyiknya Wisata Mancing Pasiran Pantai Selatan jogja
Mancing pasiran


Lokasi, tempat atau spot mancing pasiran  bantul dan kulon progo


Kabupaten bantul dan kulon yang berbatasan langsung dengan lautan Indonesia menjadi jujugan pemancing pasiran.  Ikan Pari, ikan Gatho (Permit), ikan Megan, ikan Caru, ikan Surung/Senangin, dan Samangati menjadi target para pemancing.
spot mancing tersebut biasanya juga sebagai tempat pariwisata, berikut ini lokasi mancingnya:


pantai parang tritis


Disebut juga dengan nama paris yaitu singkatan dari parang tritis. Disini bisa memancing sambil wisata. Dengan kountur pantai yang relative datar, sehingga surf fishing atau pemancing disini suka berbasah-basah ria. Akan tetapi buat angler dari luar kota yang belum berpengalan sebaiknya hati-hati dengan cara mancing seperti ini, sebab parang tritis juga terkenal dengan pusaran air laut yang berbahaya buat pengungjung pantai.


Pantai parang ndog


Pantai parang ndok masih tetanggaan dengan paris, sedikit agak kebarat dan masih satu jalur, kita bisa mengikuti area parkir obyek wisata supaya bisa samapai di spot mancing yang kita tuju. Kalau di rasa capek dengan berjalan kaki, ada bendi atau delman yang siap mengantarkan atau naik kendaraan ojek. Pemancing dari kota jogja bisa menamakan parang ndog dengan spot watu mejo.


Pantai parang kusumo


Terdapat banyak warung kuliner di spot mancing parang kusumo, karena memang di sini tempat jajanan yang terkenal, sehingga pemancing disini tidak perlu khawatir kehabisan bekal, dan yang lebih mengasikan lagi parang kusumo 24 jam masih ramai.

Baca: Mancing muara pantai baros


Pantai samas dan pantai pengklik


Pantai samas merupakan muara dari sungai winongo, di tempat ini juga di kembangkan wisata pantai pengklik. Selain pemancing pasiran, pemancing belanak dan kakap juga sering mancing di pantai ini, sehingga di musim-musim ikan belanak tempat ini sangat ramai, di patai samas juga banyak ragam kuliner.


Pantai patehan


Menara mercusuar adalah ciri pantai patehan, tempatnya sejuk karena pohon cemara udang tumbuh lebat di sepanjang pantai, perumahan pegawai mercusuar menambah ramai tempat ini, sehingga mancing di malam hari tidak merasa sepi.


Pantai goa cemara


Pantai goa cemara terletak sekitar 500m dari pantai patehan. Merupakan tempat wisata terkenal, dengan pemandangan yang indah dan udaranya yang sejuk, di namakan goa cemara karena pohon cemara udang tumbuh subur dan rapi, ketika kita di bawah pohon seperti di dalam gua.


Asyiknya Wisata Mancing Pasiran Pantai Selatan jogja
Pantai selatan jogja

Baca: Mancing wisata pantai gelagah

Pantai cangkring dan pantai kowaru


Lokasi selatan tambak udang merupakan tempat faforit pemancing pasiran di pantai kowaru, di dekat saluaran pembuangan air tambak adalah tempat berkumpulnya banyak ikan. Pemancing disni 24jam non stop, apalagi ketika musim ikan menepi. Kesiangan sedikit bisa di pastikan kita tidak kebagian spot mancing di hari libur.


Pantai baru dan pandan simo


Pantai baru terletak 500m dari pantai pandansimo yang merupakan perbatasan kabupaten bantul dan kulon progo, sebagai muara sungai progo, maka pantai ini menjadi pertemuan pemancing pasiran dan pemancing muara. Konon ceritanya di muara pantai pandan simo masih di huni ikan-ikan monster, antara percaya dan tidak, memang muara sungai progo sangat luas dan dalam.


Haha hihi hi


Segera jadwalkan waktu mancing anda ke pantai di selatan jogja, karena selain bisa memancing juga bisa berwisata, saran saya bawa seluruh keluarga, karena banyak tempat yang nyaman untuk ngobrol dan bersantai, mungkin anda sedikit khawatir dengan meninggalkan keluarga kerena ingin mencari spot mancing? Mungkin kalau di tempat lain saya bisa berkata iya.
Semoga artikel dengan judul, Asyiknya Wisata Mancing Pasiran Pantai Selatan jogja, bermanfaat.


Baca: Mancing pantai menganti logending kebumen

          Mancing pantai jetis












No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.