Thursday, December 5, 2019

Pingin Bisa Mancing Nyekrik Atau Setekan, Baca Ini


Cara mancing teknik cekrikan atau setekan, adalah memancing menggunakan mata kail tanpa umpan, loh kok bisa? Terkadang di suatu lokasi banyak terdapat ikan ngumpul, tapi nggak mau makan, ini di karenakan banyak hal, salah satunya musim kawin, atau ikan sedang berebut umpan yang berada di air.

Teknik setekan atau cekrikan juga sering di pakai mancing lele di kolam, banyak acara hiburan rakyat dengan menabur ikan lele untuk di pancing di selokan atau di kolam, ikan yang baru di tebar biasnya nggak mau makan umpan karena setres, memancing model nyekrik atau cekrikan menjadi solusi.

Ketika kita meletakan pancing cekrik di tempat ikan berkumpul, tak jarang ikan akan mendekati bahkan menyentuh tali senar atau mata kail, ketika ada tanda-tanda tersebut, ikan bisa di cekrik atau badan ikan  ke cantol mata kail dengan menghentakan joran dengan kuat.


Pingin Bisa Mancing Nyekrik Atau Setekan, Baca Ini
Mancing Nyekrik/Setekan


Cara mancing nyekrik, setekan di sungai dan kolam pemancingan


Nyetek atau setekan orang jawa bilang nyekrik atau cekrikan, teknik ini bisa di pakai di kolam dan sungai, tentunya ada syarat agar cara ini berhasil. Menggunakan rangkaian mata kail semi garong yang di rangkai seri, dan mengguanakan tali senar yang kuat, kenapa demikian? Teknik nyekrik harus menghentakan joran dengan kuat ketika ada tanda-tanda ikan nyangkut, senar yang tidak kuat bisa putus karenanya.



Di kolam 


Mancing model setekan atau nyekrik banyak di pakai di kolam pemancingan, kenapa demikaian? Sebab areanya sempit dan tentunya jumlah ikan sudah tahu banyaknya, akan tetapi ada cara yang saya rasa cukup ampuh supaya mancing kita berhasil.

  1. Cermat mengamati tanda-tanda.  Merupakan hal yang sangat penting, terkadang tanda ikan mendekat sangat halus dan tanpa di sadari, sehingga adalah fokos kunci utama.
  2. Cara menghentakan joran pancing. Ini hal yang juga penting tapi sangat susah di jelaskan, maka pengalaman pemancing sebagai penentu, dan setiap angler mempunyai teknik berbeda-beda dalam menghetakan joran.
  3. Menentukan spot mancing. Factor ke tiga keberhasilan ya menetukan spot, spot yang bagus adalah sudut terdalam di kolam pemancingan.



Alat nyekrik atau setekan di kolam

Memakai joran pendek 1,5m lentur dan kuat dengan penggulung senar, memakai tali senar kuat no 0,2-0,25, dilengkapi dengan timah pemberat kecil dan pelampung, memakai mata kail no 6,0-12,0 tergantung besar kecilnya target ikan.


Pingin Bisa Mancing Nyekrik Atau Setekan, Baca Ini
Rangkaian Mata Kail Nyekrik/Setekan



Di sungai


Mancing dengan cara nyekrik atau setekan di sungai agak sedikit rumit, sebab areanya yang luas sehingga menentukan spot terkadang sangat sulit, ikan jenis lele lokal, wader, nila dan belanak adalah ikan yang paling gampang di cekrik, kenapa demikian? Karena jenis ikan tersebut gampang di kumpulkan dalam satu spot mancing.

Maka sebaiknya berikan umpan pengumpul atau bom ikan, untuk menarik ikan berada di satu titik, dengan memkai joran panjang di lengkapi penggulung senar atau spinning. Setelah ikan berkumpul taruh mata kail cekrik di spot ikan, menghentakan joran sebaiknya hati-hati sehingga ikan tidak takut. Semoga artikel dengan judul, Pingin Bisa Mancing Nyekrik Atau Setekan, Baca Ini. bermanfaat.

Nb
Baca: Mancing belanak dengan botol pastik

          Mancing udang galah musim hujan

          Tempe busuk umpan mancing

          Jenis-jenis umpan nila








1 comment:

Note: Only a member of this blog may post a comment.