Monday, December 2, 2019

Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini


Sebelum memancing alangkah baiknya kita mengenalya dulu, ia bernama ikan sili biasa di panggil berod atau berot, tubuhya panjang bisa sampai 50cm, ikan ini mulutnya runcing kalau istilah saya dia punya belalai, rasa dagingnya seperti belut. Si sili ini suka sekali berada di lubuk sungai atau kedung yang dalam, dengan dasar sungai berbatu-batu dan berarus.


Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini
Mancing Sili/Berod





Cara memancing dan umpan yang jitu dan ampuh


Ikan sili, berot atau berod merupakan ikan predator, orang bilang dia bukan penduduk asli sungai sini, tapi merupakan pendatang dari amerika (tau dari amerika latin apa amerika tengah, atau amerika serikat). Biasa memakan udang kecil, cacing dan hewan-hewan kecil yang tak berdaya, Heh…he. Apa dia termasuk mahluk jahat? Karena beraninya sama yang tak berdaya? Mungkn ya sob.



Umpan udang paling ampuh


Udang merupakan umpan ampuh untuk setiap jenis ikan predator, tak terkecuali sili atau berod. Kami biasa menacapkan mata kail ukuran no 3,0 rangkaian tunggal ke ekor udang sebagai umpan. Dengan di ikatan ke senar leader no 0,18 sepanjang 20cm ke swifel atau kili-kili.


Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini
Umpan Udang




Umpan cacing paling jitu dan okey


Selain udang memakai cacing sebagai umpan memancing ikan sili atau berod juga bagus, pilihlah cacing yang nggak gampang mati ketika tubuhnya di tusuk mata kail, ada alasanya sob, kenapa memakai syarat cacing yang nggak gampang mati? Sebab seperti di sebutkan di atas, ikan sili ini suka memakan umpan yang hidup tapi tidak berdaya. Wuih sadiiis

Baca: 7Jenis cacing umpan mancing



Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini
Umpan Cacing




Memilih spot


Tempat mancing yang bagus, atau spot mancing target ikan sili adalah, lubuk sungai yang dalam, orang jawe bilang kedung.  Di dasar sungai di balik batu, ikan sili menunggu mangsa ikan atau udang yang lemah terbawa arus.



Cara memancing


Memakai teknik mancing dasaran, saya kira yang paling cocok, menggunakan joran 1,5-3m dengan penggulung senar atau spinning, ukuran senar 0,20 di lengkapi dengan pemberat sebesar ibu jari, atau sesuai kebutuhan. Lempakan umpan ke titik di mana ikan sili berada.

Sependek pengalaman saya memancing sili atau berod, dia termasuk ikan paling aneh, kenapa sebab? Bukannya memberi perlawanan ketika di tarik kepinggir ketika mulutnya sudah kena kail, malah ia  ikut berenang ke pinggir, sehingga yang tadinya ada getaran streeek, jadi seolah-olah kaya senar putus, kadang terpaksa kita gulung senar cepat-cepat. Nah baru ketika ikan sili udah mulai nampak, disitu baru ada perlawanan.

Maka saran saya ya sob, hati-hati dengan tipuan ikan sili dalam memancing. Walau agak sedikit ngaco dan ngebodor, mudah mudahan artikel dengan judul, Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini, bermanfaat.

Nb
Baca: Mancing ikan sogo atau baung

          Mancing udang galah di musim hujan








1 comment:

Note: Only a member of this blog may post a comment.