Saturday, November 9, 2019

Umpan lumut watu / Lumut Batu , terbukti Ampuh Dan Jitu

Lumut watu/batu yang tumbuh di sungai, ternyata bisa di jadikan umpan mancing yang ampuh dan jitu. Ini merupakan makan alami ikan. Lalu apa saja ikan yang suka makan? Ikan nila, nilem, wader, dan lain-lain. Umpan alami yang murah, dan gampang di cari, ketika musimnya.


Umpan lumut watu / Lumut Batu , terbukti ampuh dan jitu
Lumut watu/batu

Memancing ikan nilem atau melm babon, di sungai


Seperti kita ketahui bahwa ikan nilem atau melem, termasuk yang suka makan ini. Keampuhan nya mengalahkan umpan buatan atau racikan. ikan nilam hidup di sungai, tentunya makananya alami, yaitu tumbuhan yang hidup di dasar sungai, atau hewan kecil yang berenang-renang di air. Sehingga memilih umpan alami paling jitu, di banding umpan buatan.


Umpan lumut watu / Lumut Batu , terbukti ampuh dan jitu
Ikan Nilam

Mencari umpan andalan, dan keberadaanya


Ketika musim kemarau, dan air mulai bening, dia tumbuh menempel di batu, yang berada di dasar air, atau menempel di tebing sungai. Kita juga bisa menemukan, lumut watu / batu  di pintu air. Tumbuh memanjang samapai 1m. ciri-cirinya, tumbuh menempel di batu atau tebing, dan memanjang, seperti ekor kuda, dan sedikit kasar. Lumut yang siap untuk di jadikan umpan, paling jitu adalah, yang berwarna hijau tua dan panjang.


Memancing ikan nilem atau melm babon, di sungai
Tempat tumbuh Lumut batu

Cara memancing dengan umpan lumut watu/ batu


Yang perlu di sediakan:

  1. 3 atau lebih mata kail, ukuran 0,1 neo karbon.
  2. Senar dengan ukuran 0,10, panjang menyesuaikan.
  3. Pemberat, bisa menggunakan timah lipat.
  4. Kambangan atau kombo.
  5. Joran tegek, pilih yang lentur, panjang 3m.

Memancing ikan nilem atau melm babon, di sungai
Rangkaian pancing


Gunakan mata kail ukuran no 1, jumlah tiga buah atau lebih . Rangkai susunan seri atau memanjang, pada senar ukuran 0,10. Lalu ikat di swifel atau kili-kili. Ikat pada senar di beri pemberat, timah lipat dengan berat menyesuaikan , besar kecilnya kambangan dan kuatnya arus air, yang sudah di kasih kambangan atau kombo.  Gunakan joran tegek panjang, minimal 3m.


Spot mancing nilem

Mulailah memlempar kail dengan umpan andalan kita

Memasang umpan lumut watu / batu yaitu, ambil beberapa helai, yang panjang. Lilitkan ke rangkaian kail. Usahakan mata kail, tertutupi sempurna. Tapi jangan terlalau tebal. Biarakan umpan menjulur-julur, seperti lumut terbawa arus air. Sehingga ketika umpan di lempar ke air, nampak seperti lumut watu / batu, yang terbawa arus air. semoga artikel kami dengan  judul, Umpan lumut watu / Lumut Batu , terbukti ampuh dan jitu, bermanfaat.aamiin

Nb
baca Mancing Nilem

       hal yang harus di ketahui pemancing



Mohon di koreksi jikalau ada kekeliruan


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.