Saturday, November 9, 2019

Mancing Nilem atau Melm, Umpan Lumut Ampuh Dan Jitu

Tarikannya yang kuat, sehingga mancing ikan Nilam atau melm, menjadi kesukaan dan hoby yang mengasikkan. Ia tergolong ikan yang rakus, dan makan apa saja. sehingga hampir semua merek umpan, mengatakan ter ampuh dan  paling jitu.

Mancing  Nilem atau Melm, umpan Lumut ampuh dan jitu
Ikan Nilem atau Melm

umpan terampuh dan terjitu, untuk ikan nilam


Lumut segar halus, lumut busuk, Laron, keroto dan umpan racikan. Semua termasuk umpan ikan nilem, lalu lantas mana yang paling cocok, jitu dan ampuh? Kalau saya menjawab, maka jawabannya semuanya. Mengetahui yang paling pas, tentu dengan melihat, dimana lokasi tempat kita mengail.


Cara menggunakan umpan lumut segar

Ikan nilem yang hidup liar di sungai, ketika memakan lumut, dia akan memilih makanan yang paling segar, atau tidak bau lumpur, sehingga kita juga memancing dengan yang segar. Yaitu yang tumbuh di sungai yang airnya mengalir.

Cara memilih lumut yaitu:

  1. Pakai lumut halus yang segar.
  2. Menggunakan lumut kasar, tapi rendam ke air garam, sebelum di gunakan. Caranya ambil lumut, masukan ke dalam wadah, tambahkan garam secukupnya, sampai lumut tersebut halus, buang sisa air jikalau berlebih. 
  3. Tidak menemukan lumut segar, maka bersihkan dahulu. Caranya  masukan lumut yang kotor ke dalam seember air, semakin banyak airnya semakin bagus, biarkan semalaman dalam ember, maka besok paginya, kita menemukan lumut yang bersih di atas, dan yang kotor di bawah.

Mancing  Nilem atau Melm, umpan Lumut ampuh dan jitu
Lumut Halus




Mancing  Nilem atau Melm, umpan Lumut ampuh dan jitu
Lumut Kasar

Memilih mata kail dan senar

Memancing dengan umpan ini, menggunakan senar tipis no 0,08 -1,10. Mata kail no 0,8 - 0,1 neo carbon. Pasang mata kail ke senar, gunakan pemberat secukupnya, atau jangan terlalu berat, asal senar mau tenggelam. Mengunakan joran tegek lentur, panjang 3m atau lebih. sebab tarikan ikan ini sangat kuat, joran yang lentur bisa fleksibel, mengikuti tarikan ikan, sehingga senar tidak gampang putus.


Mancing  Nilem atau Melm, umpan Lumut ampuh dan jitu
Mata Kail


Memilih Spot yang paling bagus 

Untuk memancing dengan umapan lumut, harus memilih lokasi yang bagus, sebab umpan ini akan ampuh dan jitu, hanya di tempat-tempat, sungai yang barbatu, airnya mengalir pelan, dengan kedaman kurang dari 2m.  di dekat bronjong, atau pasangan batu mnggunakan kawat, untuk menahan erosi tebing sungi. Ini juga merupakan spot yang bagus.


Mancing  Nilem atau Melm, umpan Lumut ampuh dan jitu
Spot Mancing Nilem

Cara menggunakan kambangan, mengetahui umpan di makan

Cara makan umpan ikan nilem, sangat aneh, sehingga kita harus menyeting, kambangan sedemikian rupa. Pasang kambangan atau kombo. Yang kecil dan sensitive. Lempar kail ke dalam air yang mengalir, ikuti saja alirannya, ciri-ciri umpan di makan, kambangan bergerak ke atas kebawah, tapi tidak tenggelam, atau kadang hanya sedikit bergetar. Segera tarik kail. Semoga artikel dengan judul, Mancing  Nilem atau Melm, umpan Lumut ampuh dan jitu. bermanfaat. aamiin

Nb
baca Hal yang harus di ketahui pemancing pemula


Jikalau ada kesalahan mohon di koreksi








No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.