Friday, November 29, 2019

Mancing Hampala Gampang Pakai Cara Ini


Ikan hampala atau palung ada juga yang menamakan sebarau, adalah ikan predator yang suka di air deras, baik air keruh maupun bening. Memancing ikan ini biasnya memakai teknik cesting dan kambangan, mempunyai reputasi sebagai pemberani, ikan ini tidak takut terhadap manusia ketika mengejar mangsa, bahkan pernah kejadian, segerombolan ikan nilem besar melompat ke daratan tempat kita berdiri, dan predator ini masih terus saja mengejar.


Mancing Hampala Gampang Pakai Cara Ini
Hampala



Umpan hampala dan menentukan spot mancing


Mengenal tempat spot dan tahu makanannya adalah ilmu dasar dalam memancing, ikan hampala adalah ikan pemangsa, papatah mengatakan “dimana anda bisa menemukan singa? Pastilah di dekat kawanan gesel atau kijang” sebagai mangsanya, begitupun ikan hampala dapat di temukan di dekat gerombolan ikan-ikan kecil.

Baca: Mancing teknik kambangan


  • Arus deras
Suka berada di arus deras, sambil menunggu ikan-ikan kecil yang berenang melawan arus atau ikan yang terbawa arus, dia paling suka berada di dekat pintu air.

  • Tepian sungai
Jarang sekali ikan ini berada di tengah sungai, tepian sungai di sisi kelokan air,  adalah tempat yang baik menunggu mangsa.


  • Dekat batu besar atau pohon tumbang
Batu besar yang berada di sungai, adalah tempat dimana aliaran arus air tertahan, di sisi yang aliaranya tertahan, atau di balik batu biasanya hampala bersembunyi. 

  • Tempuran
Tempuran adalah titik pertemuan dua sungai yang airnya menjadi satu, biasnya di titik pertemuan tersebut terdapat arus yang deras dan arus lambat, ikan hampala berada di spot tersebut.



Mancing Hampala Gampang Pakai Cara Ini
Spot Arus Deras

Mancing Hampala Gampang Pakai Cara Ini
Spot Pohon Tumbang



Umpan mancing




Karena sebagai ikan predator, maka ikan hampala biasa di  pancing dengan umpan ikan dan udang, , umpan cacing, kecere sangat ampuh untuk memancing hampala kecil, yang biasa bergerombol berenang-renang melawan arus.


Mancing Hampala Gampang Pakai Cara Ini
Umpan Udang


Waktu yang tepat


Waktu yang tepat untuk melempar kail dengan target ikan hampala,  adalah pagi hari dan sore hari, sebab di waktu tersebut mereka sedang aktif mencari makan.


Cesting


Cesting adalah memancing dengan umpan tiruan yang di sebut minnow,lure atau plug. Lemparkan plug anda diantara barisan hampala. Retrieve dengan macoba beberapa teknik. Selalu melempar dan meretriv sehingga membuat hampala gusar,  dan ingin mengusirnya plug tersebut. Setelah hampala tersangkut kail, usahakan agar ikan tidak lepas saat bertarung. Jika sampai lepas ikan hampala di daerah itu tidak mau lagi makan umpan plug anda. semoga artikel dengan judul, mancing hampala gampang pakai cara ini, bermanfaat.

Nb
Baca: Trik mancing cesting
          hal yang harus di ketahui pemancing pemula





No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.