Tuesday, December 3, 2019

Mancing Beunteur Kecil Tarikanya ampuh


Ikan Beunteur/Benter atau wader banyak dijumpai di sungai-sungai yang tidak terlalu dalam atau dipinggir rawa yang cukup jernih, banyak juga yang menamakan dengan ikan goyor. Ikan beunteur atau goyor di jadikan target mancing karena dagingnya yang gurih, terikannya yang kuat memberikan sensasi dan ketagihan bgi para angler.


Mancing Beunteur Kecil Tarikanya ampuh
Ikan Beunteur/benter




Cara mancing dan umpan yang jitu lagi ampuh


Sama seperti ikan wader, memancing beunteur bisa dengan umpan alami dan umpan racikan. Ikan benter di sungai memakan kutu air, telor ikan, ganggang dan bahan organic yang terbawa arus air.

  • bahan umpan buatan (racikan)
  1. Mie instan
  2. Kuning telor
  3. Penyedap rasa
  4. Terasi

Cara membuatnya, haluskan mie instan, campurkan semua bahan dalam wadah, kemudian uleni hingga kenyal umpan siap di pakai.

Baca: Roti umpan praktis

  • Umpan alami

Menggunakan umpan alami tentu lebih mantap dan ampuh, karena target kita kecil maka memakai umpan hidup yang kecil, berikut ini contoh umpan alami yang biasa di pakai mancing beunteur atau benter:
  1. Cacing
  2. Cere/kecere
  3. Ulat blimbing
  4. Laron
  5. Ulat
  6. Dll
          Ulat umpan mancing



Mancing Beunteur Kecil Tarikanya ampuh
Umpan Cacing



Cara memancing


Paling gampang memancing beunteur di dekat pintu air, kenapa? Sebab biasanya sekitar pintu air di semen sehingga bersih. Pintu air biasnya merupakan pembagian 2 jalur air, ada air masuk da nada yng keluar. Seperti ikan wader pada umumnya menyukai pertemuan dua jakur air, atau tempuran kalau di sungai.

Setelah menentukan spot mancing, kita siapkan alat kail, dengan rangakaian mata kail tunggal no 0,8-1,0, di lengkapi dengan timah pemberat kecil,  untuk menjaga supaya umpan tetap berada di air, untuk senar utama kita pakai ukuran tipis yaitu no 0,8-0,12. Memakai joran tegek lentur bisa di lengkapi dengan pelampung atau polos biasa.


Beunteur adalah wader


Seperti pada umumya ikan wader dia meyambar umpan dengan cepat, maka saran saya gerakan reflek yang baik bisa meningkatkan streek, akan tetapi gerakan menghentakan joran yang kuat bisa merobek mulut ikan, maka sebaiknya hati-hati dalam memainkan joran pancing, semoga artikel dengan judul, Mancing Beunteur Kecil Tarikanya ampuh, bermanfaat.

Nb
Baca: Mancing ikan beles 

          Cara mancing wader beles di sungai











No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.