Friday, November 15, 2019

Memancing Ikan Sepat dan Betok, Bikin Nagih Silahkan Coba


Memancing ikan sepat, juga biasa bareng dengan mancing ikan betok / betik atau papuyu. sebab keduanya menempati lingkungan yang sama, yaitu sungai atau rawa-rawa, yang airnya sedikit tenang dan banyak tumbuhan air, seperti kangkung atau enceng gondok.


Memancing Ikan Sepat dan Betok




Umpan ampuh dan jitu ikan betok dan sepat


Kedua target mancing kita, tidak susah mencari umpan, sebab keduanya termasuk jenis karnifora. Akan tetapi umpan yang paling sering di pakai adalah:

  • Kroto, biasa di pakai untuk makan burung berkicau, tapi kroto larva dari semut merah atau kerengrang, juga ampuh untuk umpan.


Memancing Ikan Sepat dan Betok
Kroto



  • Cacing, karena kedua target kita, termasuk ikan kecil maka, cacing yang bagus juga cacing kecil.


Memancing Ikan Sepat dan Betok
Cacing




  • Kecere atau cere. Binatang seperti kecoa, hidup di kandang ayam. Hewan ini juga umpan favorit saya dari dulu.

Memancing Ikan Sepat dan Betok
Cere / Kecere



  • Ulat belimbing, yaitu larva dari lalat buah, dan paling gampang di jumpai pada buah belimbing.



Memancing Ikan Sepat dan Betok
Belimbing Berulat



Memancing betok,betik atau papuyu


Ikan betok atau betik sebenarnya makanan yang enak, apa lagi sebagai lauk nasi hangat, dengan sambal ijo. Walau durinya banyak, tidak menjadi masalah kalau di goreng garing,  memancing ikan ini cukup mudah, di atas sudah di bahas umpannya.


Memancing Ikan Sepat dan Betok
Ikan Betok/Betik/Papuyu



Sekarang peralatannya:

Memakai joran tegek, panjang menyesuaikan, ukuran senar tipis saja sekitar 0,08, memakai mata kail ukuran 0,3 neo carbon. Di pasang singgel dengan pelampung. Bisa dengan pemberat atau lepas biasa. Tergantung kondisi.



Memancing Ikan Sepat dan Betok
Pancing Tegek


Taburkan dedak atau bekatul di atas air, tempat kita mancing. Atur pelampung atau kambangan sesuai kedalaman air, truh perlahan-lahan. Setelah pelampung atau kambangan, di bawa lari atau tenggelam. Tarik joran pancing. Mudah bukan?


Memancing ikan sepat


Sama seperti mancing betok, akan tetapi mata kail yang kita pakai lebih kecil, gunakan mata kail ukuran 0,08-0,10 neo carbon, atau mata kail.
Kita juga bisa memanggil ikan sepat dengan kerupuk, caranya remas kerupuk menjadi kecil-kecil, kemudian taburkan ke permukaan air,yang akan kita pancing. Oke kan sob?


Memancing Ikan Sepat dan Betok
Ikan Sepat



Sebaiknya mengail ikan sepat, joran tidak perlu di di tarik keras ya sob, cukup di angkat biasa saja. Kalau tanda-tanda, umpan di makan. Demikian semoga artikel dengan judul, Memancing Ikan Sepat dan Betok, Bikin Nagih Silahkan Coba, ber manfaat.

Nb
Baca Hal yang harus di ketahui pemancing

         Jenis-jenis cacing sbg umpan



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.